Minggu, 12 Februari 2012

Jarank Bintang Terdekat dengan Bumi

idegue-network.blogspot.com - Jarank Bintang Terdekat  dengan Bumi
Banyak  terdapat bintang bintang di alam semesta ini yang demikian jauh letaknya sehingga tidak mungkin kita dapat mengukur jaraknya. Juga kita tidak dapat mengetahui beberapa banyak jumlah mereka. Tetapi berapa jauhkah letak bintang yang terdekat dengan bumi kita ?

Jarak dari matahari kebumi kita itu meliputi kurang lebih 150.000.000 kliom meter. Oleh karena itu cahaya itu dapat menempuh jarak pada kecepatan 300.000 kilometer perdetik, maka akan memakan waktu delapan menit bagi cahaya itu dari matahari untuk mencapai bumi kita.Binatang yang paling dekat dengan bumi kita bernama Proxcima Centauri dan Alfa centauri. Jarak mereka dari bumi meliputi 270.000 kali  lipat besarnya dengan jarak dari matahri kebumi. Jadi jarak letak mereka dari bumi kita ialah 270.000 kali 150.000.000 kolometer. Jadi bagi sinar bintang itu akan memakan waktu empat setengah tahun lamanya untuk mencapai bumi kita.

Jarak dari bumi kita sampai kebintang itu adalah begitu jauhnya sehngga tidak mungkin dapat kita perhitungkan dengan angka  biasa maka orang pun mnciptakan satu kesatuan angka penghitungan tersendiri untuk mngukur jarak itu. Kesatuan ukuran ini meliputi kurang lebih sejumlah 10.000.000.000.000 kilometer. Dan empat kali sebesar jumlah inilah terdapat jarak antara bumi kita dengan bintang yang paling dekat dengan bumi kita.

Disemua bintang  yang terdapat diangka salepas kiranya 6.000 buah saja yang dapt kita lihat tanpa menggunakan teleskop. Juga tidak semua dari ke-6000 bintang itu kita dapat saksikan dari tempat kita berada di bumi ini.

Pada hakekatnya, pada suatu saat yang mana pun juga, apa bila kita menengadah keatas langit luas dan mulai menghitung bintang  itu, maka kita mungkin paling banter hanyalah bisamnghitung sejumlah kurang lebih seribu buah bintang. Namun dengan lensa teleskop yang cukup unggul, maka kita mempunyai peluang untuk dapat memotret lebih banyak lagi jumlah bintang di langit.

sumber:kaskus.us