Kamis, 29 Maret 2012

Mitos Supaya Sering ke Roma

"Banyak jalan menuju Roma." Rasanya ungkapan itu sudah biasa. Sekarang kita ubah sedikit menjadi "banyak jalan (kembali) ke Roma." Mengapa? Konon, Roma memang 'ngangenin' jadi kalau sudah pernah ke tempat ini pasti ingin kembali lagi.

Kepercayaan ini bertambah bila saat ke Roma juga mengunjungi Fontana de Trevi, yaitu tempat bersejarah di Trevi, salah satu wilayah Kota Roma. 


Di depan gedung ini ada kompleks air mancur dan kolam air yang mengandung mitos. Yakni, siapa pun yang melempar koin ke dalam kolam, maka suatu saat akan kembali ke Roma.

Mitos lainnya, orang yang melempar koin juga akan cepat mendapat jodoh, atau bisa mendapat keberuntungan dan rejeki mendadak.

Tak heran, wisatawan yang datang sering terlihat berduyun-duyun membuang koin ke dalam kolam Fontana de Trevi. 


Diperkirakan,  sebanyak 3000 euro (kira-kira 30 juta Rupiah) diperoleh petugas pengumpul koin setiap malam. Dan, itu semua kepingan sen yang pastinya bertumpuk-tumpuk. Nah, uang ini disalurkan untuk subsidi kaum miskin di sana.

Heran, mengapa masih banyak orang percaya dan terus melemparkan koin ke kolam air mancur ini, ya?

 
Fakta

Fontana de Trevi tingginya 26 meter, lebarnya 20 meter. Merupakan air mancur warisan era Baroque yang terbesar di Roma.


Paus Urbanus VIII ingin merenovasi air mancur ini di tahun 1629, karena bangunan awalnya tidak menarik. Gian Lorenzo Bernini, arsitek yang ditunjuk langsung membuat sketsa dan siap membangun kompleks air mancur Fontana de Trevi. Tapi Paus keburu meninggal, sehingga proyek ini ditinggalkan.

Tahun 1730, Paus Clement XII mengadakan kontes lagi. Pekerjaan pun dimulai pada tahun 1732 dan selesai 30 tahun kemudian, tepatnya pada 1762.

 


Sumber:
http://en.wikipedia.org/
http://www.only-apartments.com/
photo credits: Hisham Besheer, Patrick Landy